Catatanku

Minggu, 22 Juni 2014

Yeah, Finally We're Graduated!


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hy Readers! :)
Masih mengikuti blog ini, kan
Oke, kali ini aku (gak usah pakai "gw" ya?) mau nge-share  pengalaman yang nggak akan terlupakan sepanjang hidupku. Pengalaman ini hanya terjadi sekali seumur hidup (bagi yang ''berhasil''). Yup, graduation atau kelulusan. Kelulusan kali ini bukan kelulusan anak-anak kuliahan, namun masih "Junior High School's Graduation". Penasaran? Monggo dibaca :)

Jum'at, 13 Juni 2K14
Sekitar pukul 3 sore, ibu pulang dari kantor. Waktu itu aku masih ngafe bareng Raisa terus aku diajakin nyanyi dan -.....- *mimpi* Waktu lagi enak-enaknya berlibur di pulau kapuk, ibu langsung membangunkanku and said "Ibu dapat sms dari teman ibu tentang pengumuman UN!". Yang awalnya aku mimpi ketemu Raisa, jadi mimpi ketemu drakula berkepala kuda berkaki bebek (?) #abaikan. Dengan setengah sadar dan muka yang masih nganttukk, aku coba melekin mataku biar bisa baca sms dari Mom's friend. Mataku langsung melotot ketika melihat sms itu yang kurang lebih berisi "Selamat ya Mbak, putranya lulus. Rangking 1-9 se-Kota diraih anak SMPN 1, hebat!". Jantungku langsung berdetak-detak ndak karuhan. Aku berharap banget ada di antara 9 anak yang meraih un tertinggi se-kota. Terus malemnya aku nggak berhenti-henti berdoa kepada Allah SWT, supaya aku meraih nilai yang baik. 

Sabtu, 14 Juni 2K14
Hari itu telah tiba, hari yang paling ditunggu-tunggu selama 3 tahun bersekolah di SMP. Deg-degan? Pasti! Siapa sih yang jantungnya gak deg-degan kalau mau pengumuman kelulusan? Hampir semuanya merasa seperti itu. Kebetulan dress code buat perpisahan di sekolahku cukup simple yaitu jas untuk pria dan kebaya untuk wanita. Jadi, gak terlalu ribet buat prepare waktu perpisahan. Karena aku gak punya jas, dan jas milik ayah, om, tetangga sampek pakde gak ada yang muat karena kebesaran, akhirnya aku nyewa jas di tempat penyewaan baju pengantin. Aku nyewanya H-2 sebelum perpisahan tanggal 14 Juni '14. Oke lanjut ke inti cerita. Sampai mana ya? O, ya, waktu itu aku berangkat pagi (sekitar jam 6.30-an) karena jam 7 acara akan dimulai. Aku datang bersama orang yang telah berjasa melahirkanku, yaitu Ibu :). Sekitar jam 6.45 bangku hadirin masih sepi dan hanya beberapa bangku diisi oleh para siswa dan orang tuanya masing-masing. Di setiap bangku tertulis nama siswa-siswi kelas 9. Jadi setiap siswa dan setiap ortu dapat bangku masing-masing. Aku duduk di deretan bangku kelas 9.2. Setelah beberapa lama, akhirnya acara dimulai. Diawali dengan tari selamat datang, kemudian sambutan ketua panitia (Bapak Gatut), sambutan ketua komite, akustik dari Rifan CS, nyanyi solo dari Medha, paduan suara kelas 7 dan 8, akustik dari Rotterdam yang dibawakan oleh Grace, Fifi, Dhea, Anggun, Medha dan Rifan CS, dan sambutan dari kepala sekolah (Bapak Nur Kholis). Setelah itu, aku dan kawan-kawan pergi ke tempat foto di sebelah timur panggung. Aku foto bersama Mahbub, Ade, dan Yanis. Setelah itu kami kembali ke bangku masing-masing. Dan pengumuman telah tiba, Bu Nurul akan membacakan 4 kategori, yaitu 10 nominasi nilai un tertinggi, 10 nominasi nilai sekolah tertinggi (lulusan terbaik), nominasi siswa berprestasi, dan yang terakhir, nominasi pengunjung perpustakaan. Yang pertama dibacakan adalah nominasi nilai un tertinggi. 

A. Berikut siswa peraih nilai un tertinggi di SMPN 1 Probolinggo :

10 Nominasi Nilai UN Tertinggi

1. Bayu Ferdiansyah : 38,40 (Kelas 9.6)
2. Pradana Novan R : 38-an (Kelas 9.3)
3. Dwi Puji Dina L : 38-an (Kelas 9.5)
4. Ramadhana Aditya : 38-an (Kelas 9.7)
5. Alifia Permana Putri : 38,10 (Kelas 9.3) (^_^)
6. Nur Muhammad H. H. Y. : 38,10 (Kelas 9.2) (^_^)
7. Ryan Dwiki Krisna: 37,95 (Kelas 9.1)
8. Firda Setyadin Putri : 37,65 (Kelas 9.1) (^_^)
9. Iis Safira : 37,60 (Kelas 9.7)
10. Mirani Ulfa Yusrika : 37,60 (Kelas 9.7) (^_^)

KECEWA!!, itulah yang kurasakan. Aku sampai hampir menangis, karena mengetahui kalau aku tidak masuk 10 besar nilai un tertinggi. Tapi, aku harus tetap bersyukur, apapun hasil yang kuraih nantinya. Setelah itu, Bu Nurul mengumumkan 10 nominasi nilai sekolah tertinggi. Aku sangat berharap bisa masuk nominasi tersebut. 

B. Berikut siswa peraih nilai sekolah* (lulusan terbaik) di SMPN 1 Probolinggo :

 10 Nominasi Nilai Sekolah Terbaik

1. Firda Setyadin Putri (Kelas 9.1)
2. Alifia Permana Putri (Kelas 9.3)
3. Huda Hainun Dafiq (Kelas 9.7)
4. Rizky Khasanah (Kelas 9.4)
5. Dewi Masithoh (Kelas 9.4)
6. Irfan Riza Putra (Kelas 9.5)
7. Ibnu Rizky Ratnanta (Kelas 9.2)
8. Muhammad Ammar Asyraf (Kelas 9.6)
9. Ni Nyoman Moza Mardika Wulansari (Kelas 9.6)
10. Rifandi Saifullah Trianggoro (Kelas 9.1)

*nilai sekolah = 70 % nilai raport dan 30 % nilai ujian sekolah
Alhamdulillah! Kata itulah yang kuucap ketika namaku disebut menjadi salah satu dari 10 nominasi peraih nilai sekolah terbaik :') Dan ketika kami turun dari panggung, Pak Gatut berkata "Ini baru yang original!" sambil tersenyum kepada kami. Terima kasih Ya Allah :)
Kemudian Bu Nurul mengumumkan nominasi siswa berprestasi. 

C. Berikut siswa yang telah mengharumkan SMPN 1 Probolinggo :
1. Firda Setyadin Putri 
Peraih medali perunggu OSN IPS tk. Nasional di Batam Tahun 2013, Passing Grade OSP Jawa Timur Mapel IPS 2013, Juara II OSK IPS Tahun 2013, Juara 1 Olimpiade MIPA MAN 2 Tahun 2014 se-Kota/Kab Pasuruan dan Probolinggo (Grup), dan masih banyak prestasi yang lain. (Maklum dia kan profesor-nya SMPN 1 Probolinggo :D) Hebat! :)
2. Muhammad Ammar Asyraf
Finalis OSP Jawa Timur Mapel Fisika 2013, Juara 1 dan passing grade OSK Fisika 2013, Juara 1 Olimpiade MIPA MAN 2 Tahun 2014 se-Kota/Kab Pasuruan dan Probolinggo (Grup), dan masih banyak prestasi yang lain. (Ilmuwan fisika SMPN 1 Probolinggo) Hebat! :)

Dan yang terakhir, Bu Nurul mengumumkan nominasi pengunjung perpustakaan teraktif di angkatan 2013/2014. 

D. Berikut pengunjung perpustakaan teraktif di angkatan 2013/2014. SMPN 1 Probolinggo :

1. Firda Ludfiyah (Kelas 9.1)
2. Dhea Meidiana (Kelas 9.3)

Selamat kepada seluruh nominasi :)
Setelah itu, Bu Nurul memanggil satu per satu siswa dan siswi SMPN 1 Probolinggo untuk naik ke atas panggung dan mengambil SKHUS (Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara). Ketika namaku disebut, aku hanya berkata "bismillah". Kemudian aku membuka map merah berisi SKHUS dan Alhamdulillah aku meraih nilai yang cukup memuaskan walaupun tidak sesuai dengan target. Bersyukur, bersyukur, dan bersyukur itulah kata yang selalu ibu ucapkan ketika aku meraih sesuatu (baik atau buruk sekalipun).

Ya, akhirnya kami semua lulus 100 % dengan nilai yang memuaskan! Finally, we're graduated!
A billion thanks to Allah SWT, our parents, our teacher and everyone who always support us :') 

NB : Semoga readers, terutama siswa/i SMPN 1 Probolinggo angkatan 2013/2014 meraih kesuksesan dan kelancaran kedepannya! #aamiin
BYE!! :)
Thanks for reading and visiting my blog :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



1 komentar:

  1. once again, congrats to you for being one of 10th lulusan terbaik di SPENSA!!.. :] But, one thing. Ey, bro, nama saya ndak tertulis.. hiks..hiks.. sakitnya tuh di sini (di kepala) -...- Overall, saya suka.. Gudjab!! ;D

    BalasHapus